7 Trik Menanggapi Pertanyaan ‘Kapan Nikah?’

Kapan Nikah?

Terkadang jika kita berada di dalam sebuah kondangan atau hajatan pernikahan teman, pastinya bagi kita yang belum menikah akan dilontarkan sejumlah pertanyaan yang membuat pusing, pertanyaan tersebut antara lain, ‘Kapan Nyusul (nikah)?’, ‘Kapan Nikah?’, ‘Sudah Ada Calon Belum?’ dan masih banyak lagi. Jika pertanyaan tersebut hanya satu kali tidaklah bermasalah, akan tetapi jika pertanyaan tersebut berulang kali, akan membuat kita menjadi geram dan jelaous.

Nah bagi Anda yang sedang mendapatkan lontaran pertanyaan-pertanyaan seputar ‘Kapan Nikah?’ dan sebagainya, tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips dan trik dalam menanggapi pertanyaan ‘Kapan Nikah?’ tersebut. apa saja trik cantik tersebut? silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Berikan Senyuman Termanis

Satu senyuman memiliki beribu macam arti, jika Anda sedang malas menanggapi pertanyaan mengenai pernikahan, maka berikan saja sebuah senyuman kecil terhadap orang tersebut, tidak perlu Anda susah payah meluapkan kekesalan dengan menghabiskan banyak biaya, cakar-cakar dan sebagainya, cukup berikan satu buah senyuman termanis, bukankah dengan senyum itu Anda akan selalu awet muda? Seperti yang dikatakan olah salah satu pakar “You’ll find that life is still worthwhile, if you just smile.” Charles Chaplin.

Selain senyuman membuat Anda awet muda, dengan senyum hati Anda juga akan ikut tenang, sehingga dalam menghadapi masalah tersebut tidaklah harus tergesa-gesa, khawatir ataupun resah. Jalan hidup Anda adalah Anda sendiri yang menentukan, salah satunya adalah pernikahan, karena pernikahan merupakan acara yang sangat sakral, sehingga untuk menghadapi pertanyaan tersebut, Anda tidak harus terburu-buru menikah, cukup senyum manis saja.

BACA JUGA  Pengen Cepet Move On dari Mantan? Ini Rahasianya!

2. Berikan Jawaban (Sok) Bijak

Membuat orang untuk mengerti memang sangat susah sekali, terlebih jika orang tersebut banyak ikut campur tangan dengan kehidupan kita, seperti mengenai pertanyaan pernikahan yang dilontarkan secara berulang kali. Sesekali agar mereka tahu dan mengerti, Anda harus bisa bersikap lebih tegas dari pada biasanya, tidak perlu ketegasan itu Anda tunjukan dengan bentak-bentak ataupun marah, cukup dengan menjawab dengan jawaban bijak, mereka akan tahu hal yang sebenarnya terjadi pada kehidupan Anda.

Ketika ditanya ‘Kapan Nikah?’, maka Anda dapat menjawab dengan sok bijak. Misalkan dengan jawaban seperti “Ya, jodoh kan datang pada saat yang tepat.” “Nanti akan ada saatnya sendiri kok.” “Menikah kan terjadi sekali seumur hidup jadi nggak bisa sembarangan memutuskan menikah kan?” “Tahu kan kalau rahasia Tuhan tentang jodoh itu pasti lebih indah dari rencana kita sendiri?”

Memang terkadang sangat sulit untuk bisa membuat orang lain mengerti tentang kapan kita harus menikah, solusinya Anda harus menjelaskan hal tersebut kepada orang yang bertanya itu, walaupun dengan memasang muka kesal dan ingin marah, terlebih jika orang yang bertanya hanya satu itu saja.

3. Tanya Balik

‘Kapan Nikah?’ tanya seorang sahabat atau teman yang sudah menikah, akan tetapi mereka belum punya momongan, Anda dapat melontarkan pertanyaan kembali kepada mereka ‘Kapan Punya Momongan?’, pertanyaan mengenai kapan memang merupakan pertanyaan yang menyebalkan, pasalnya jika kita ditanya kapan serasa kita selalu terburu-buru dan terkejar oleh target. Padahal semua itu akan ada waktunya bukan?

Saat sudah lelah dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan mengenai ‘Kapan Nikah?’ lontarkan saja pertanyaan baru seperti diatas kepada penanya tanpa Anda menjawab pertanyaannya, biarkan saja dia juga merasakan bagaimana tidak enaknya ketika ditanya mengenai waktu tersebut, mau bagaimana lagi, toh pernikahan juga tidak bisa dilangsungkan dalam waktu yang cepat.

BACA JUGA  Golongan yang tidak akan Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

4. ‘Doain Aja Ya’

Nah ini adalah pernyataan yang paling aman dan mudah ketika kita menghadapi pertanyaan mengenai ‘Kapan Nikah?’. Tidak perlu takut ketika mendapatkan pertanyaan tersebut, walaupun terkadang memang pertanyaan tersebut sangat mendesak posisi kita saat itu, akan tetapi cukup Anda jawab dengan ‘Doain Aja Ya’. Dengan jawaban seperti itu Anda akan aman dari pertanyaan menyebalkan tersebut, selain itu bukanya do’a akan mempercepat kita untuk bertemu jodoh?

Semakin banyak sahabat, teman ataupun orang yang mendoakan kita, maka kita akan semakin cepat untuk bisa menikah, sehingga Anda tidak perlu pusing mencari-cari jawaban mengenai pertanyaan “Kapan Nikah?’, cukup dengan jawaban diatas saja, Anda sudah menjawab pertanyaan tersebut dengan lebih baik.

5. Bersikap Cuek

Biar orang-orang tahu bahwa Anda kesal dengan pertanyaan ‘Kapan Nikah?’ tersebut, maka cuek saja dengan mereka, biarkan mereka merasa tidak enak dengan kita, karena memang sikap cuek dapat memperlihatkan kekesalan seseorang terhadap orang lain, tunjukan bahwa Anda kesal karena mereka terus mendesak Anda untuk menikah, buat dia tidak mengatur kehidupan pribadi Anda.

Akan tetapi ketika cuek tersebut jangan sampai menyinggung perasaan teman atau sahabat yang menanya, karena hal tersebut akan sangat fatal, untuk menghindari hal tersebut berikan sedikit becanda kecil agar tidak tegang. Intinya buat si penanya tahu bahwa Anda tidak suka dicerca dengan pertanyaan ‘Kapan Nikah?’ tersebut.

6. Pasang Wajah Serius

Pernikahan memang bukanlah sebuah hal yang main-main. So, ketika Anda ditanya mengenai ‘Kapan Nikah?’ pasang saja wajah yang serius. Jika penanya tersebut sadar diri, pastinya dia akan memposisikan dirinya dengan lebih baik terhadap Anda. hal ini juga berfungsi untuk menunjukan sikap tegas yang keluar dari dalam diri Anda kepada penanya, walaupun memang sedikit tegang saat Anda memasang wajah serius.

BACA JUGA  6 Cara Menjaga Hubungan dari Konflik Berkepanjangan

Terlebih jika Anda dicerca dengan pertanyaan yang sangat pedas, seperti. ‘Kapan Nikah? Nanti jadi perawan tua lho?’, ‘Paling belum punya pasangan’ dan sebagainya. Bisa-bisa Anda betengkar dengan orang tersebut hanya karena masalah sepele, oleh sebab itu hadapi dengan muka serius saja tanpa membalas pertanyaa pedas dan mendesak tersebut.

7. Pergi Meninggalkan Penanya

Anda sudah tidak tahan jika ditanya ‘Kapan Nikah?’ secara terus menerus? terlebih jika pertanyaan tersebut berulang-ulang dan dilakukan oleh satu orang itu-itu saja, solusinya adalah dengan Anda pergi dari penanya tersebut. hal ini berguna agar Anda semakin tenang dan tidak cemas, selain itu juga berguna agar Anda tidak menjawab dengan pernyataan yang salah mengenai pertanyaan tersebut.

Itulah beberapa tips dan triks menanggapi pertanyaan ‘Kapan Nikah?’, memang terkadang telinga kita merasa sangat panas ketika mendengar pertanyaan tersebut, bukan salah penanya sebenarnya, tidak ada yang salah ketika kita ditanya perihal waktu pernikahan, dari pihak penanya pastinya ingin Anda cepat menikah seperti yang lain, dengan kata lain penanya sangat perhatian dengan Anda, akan tetapi perhatian tersebut malah membuat kita merasa kesal dan resah. Hal tersebut tergantung dari diri kita masing-masing, apakah mau menanggapi pertanyaan tersebut dengan baik ataukah tidak.

7 Trik Menanggapi Pertanyaan ‘Kapan Nikah?’
Kembali ke Atas