Cara Memilih Jurusan Kuliah: Ke Kampus Mana Aku Harus Melangkah?

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Kuliah di kampus mana ya? Ambil jurusan apa ya? Itu pasti yang ada di benak remaja yang baru lulus SMA. Rencana mungkin sudah ditetapkan tetapi ketakutan gagal diterima membuat rencana cadangan perlu disiapkan. Menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah suatu hal yang sulit dan mudah secara bersamaan. Sulit karena itu akan menentukan masa depanmu, mudah karena di sisi yang lain sejatinya perguruan tinggi bukanlah harga mati untuk kesuksesan seseorang.

Lantas apa sih pertimbangan untuk memilih kampus dan jurusan yang sesuai?

1. Lihat asal jurusanmu di SMA. Beberapa kampus mensyaratkan asal jurusan seperti IPA, IPS, atau Bahasa untuk masuk di jurusan tertentu. Umumnya kampus swasta lebih fleksibel.

2. Cek kondisi fisikmu. Beberapa jurusan seperti kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, desain, arsitektur, dll mensyaratkan TIDAK BUTA WARNA.

BACA JUGA  Pengen Cepet Move On dari Mantan? Ini Rahasianya!

3. Cek passionmu. Meskipun kamu selalu mendapatkan nilai bagus di pelajaran Biologi, tapi kamu jauh lebih senang menghabiskan waktumu menggambar dan bermain-main dengan grafis mungkin masuk jurusan Desain Komunikasi Visual dapat dipertimbangkan selain masuk jurusan kedokteran. Ingatlah bawa kemungkinan besar studi yang kamu ambil saat kuliah akan kamu gunakan ketika bekerja. Bekerja yang tidak sesuai passion seringkali membuat orang jenuh dan tidak bisa berpeforma maksimal.

4. Cobalah bertanya pada alumni kampus tujuan atau pada senior SMA yang telah lebih dulu berkuliah di sana. Tanyakan bagaimana iklim di kampus itu, budaya mahasiswanya, prospek alumninya, kemampuan alumni untuk diserap di lapangan kerja setelah lulus, biaya, dsb. Jika ternyata kampus impianmu tidak berada di kota tinggalmu sekarang, sangat bermanfaat untuk bertanya suasana di kota tersebut, budaya masyarakatnya, bagaimana survive sebagai anak kos, dan lain-lain.

BACA JUGA  Tips Jadi Pebisnis Sukses Dari Nol

5. Beberapa sekolah menawarkan tes psikologi untuk mengetahui minat bakat siswanya sebagai pertimbangan memilih jurusan kuliah. Jika sekolahmu tidak menyediakan, kamu bisa datang ke jurusan psikologi di kampus terdekat di kotamu atau ke lembaga psikologis. Mereka biasanya menyediakan tes dengan biaya yang terjangkau. Akan lebih murah lagi jika kamu mendaftar tes beramai-ramai dengan teman-teman sekolahmu lainnya.

6. Konsultasikan dengan guru yang mengenal karaktermu juga orang tuamu. Pertimbangan orang tua tentu penting karena kemungkinan besar merekalah yang menyokong biaya kuliah dan biaya hidup kita.

7. Jangan memilih kampus dan jurusan hanya karena ikut-ikutan teman dekat atau pacar. Budaya perkuliahan sangat berbeda dengan budaya di sekolah. perkuliahan terasa lebih individualis sehingga sebenanrnya kehadiran teman atau pacar lebih berfungsi sebagai support secara tidak langsung bukan suatu hal yang membuatmu akan menikmati perkuliahan.

BACA JUGA  5 Kesalahan yang paling sering dilakukan pebisnis pemula

8. Terbukalah pada diri sendiri tentang kemampuan dirimu. Jangan memaksakan gengsi dalam memilih jurusan atau kuliah. Karena jika tidak, kamu akan stress sendiri dengan perkuliahanmu nantinya.

Selamat memilih kampus dan jurusan yang sesuai!

Suka artikel ini? Klik tombol share di bawah ini dan tinggalkan komentar kakak yach. Lebih keren lagi kalau kakak follow dan likes untuk update artikel terbaru :*

Cara Memilih Jurusan Kuliah: Ke Kampus Mana Aku Harus Melangkah?
Kembali ke Atas